Bismillah.

Sudah banyak sekali teman-teman yang menghubungi kami terkait referensi spek video editing. Memang, kalau dihitung-hitung, semenjak SMA saya sudah setidaknya merakit puluhan PC berbagai keperluan, dari spek kasir, sampai yg puluhan juta. Antara hobi dan kebutuhan, namun “pekerjaan” konsultan PC ini alhamdulillah nampaknya sudah banyak dipergunakan teman-teman untuk hal-hal bermanfaat.

Kalau boleh saya jelaskan di awal, style spesifikasi komputer yang saya pilihkan, berdasarkan asas price per performance. Untuk harga termurah, untuk performa terbaik. Jadi mungkin ini yang bikin banyak teman percayakan PC nya kepada kami.

Diantara yang paling sering ditanyakan, adalah spek video editing. Sebagai orang yang juga bergerak di bidang ini, spek ini saya landaskan terhadap software Adobe Premiere Pro (Pr) dan After effect (Ae). Sehingga cocok tidak nya spesifikasi ini, nanti dipengaruhi juga oleh software yang anda pakai. Kenapa? Karena di Pr dan Ae, mendukung penggunaan VGA/GPU dedicated untuk membantu parallel processing dari render tiap frame. Kalau tanpa VGA dedicated apa bisa? Bisa aja kalau hanya pake kekuatan processor. Tapi perbandingan waktu rendernya bisa berkali lipat lebih lama daripada pakai VGA dedicated.

Perbandingan waktu rendernya bisa berkali lipat lebih lama daripada pakai VGA dedicated

Untuk Adobe CS6 kebawah, hanya support “CUDA” nya VGA Nvidia. Mudahnya, CUDA ini adalah nama teknologi penggunaan processor VGA untuk berbagai keperluan. Untuk Adobe CC ke atas, alhamdulillah sudah support OpenCL nya AMD. Ini sama seperti CUDA, hanya saja dipakai untuk vga AMD. Karena saya rasa Nvidia sudah duluan dalam hal ini, maka saya pribadi selalu memakai VGA nvidia untuk PC keperluan edit video. Saya belum mencoba membandingkan performa CUDA vs OpenCL dalam hal render. Silakan bila ada yang mau menambahkan.


Langsung saja kita masuk ke pembahasan utama

di artikel bagian kedua, insya Allah

Advertisement