Bismillah.

Sudah lama tidak review hardware, dan ada salah satu device menarik untuk saya bahas adalah iPad Pro 2018. Yg saya review ini milik kantor, lengkapnya iPad Pro 12.9 2018 256GB Wifi only.

Setelah sekitar hampir sebulan dengan iPad Pro 2018 ini, almost full time jadi daily driver buat illustrasi di procreate. Dulu sempat pakai yg iPad 6th 128GB, qodarullah utk resolusi 2K sih kuat, namun ternyata untuk high res 4K sangat limited, krn apps ini menitik beratkan pada ram, sehingga mau tak mau harus naik ke pro.

Perbedaan dari yg 2017 (2nd Gen iPad Pro) dengan yg 2018 ini adalah di bentuk yg sekarang bezelless, processor yg naik ke A12X dari A10x, dan ada tempat utk Apple Pencilnya. Selebihnya sama saja, IMO.

Secara singkat,

Kelebihannya:
+ Performa monster (Antutu 540.000+) sekarang device dng performa tertinggi di dunia, bahkan bia buat render 4K

+ Ram 4GB hingga 6GB di varian 1TB

+ Apple pencil Gen 2 memiliki tempat parkir dan charging khusus di sisi ipad langsung, yg dulu harus diamankan sendiri

+ Layar 120 Hz

+ Produksi warna superior, Wide Color Gamut (P3)

+ Sudah pakai USB type C, sehingga bisa dipakai utk berbagai device
Kekurangannya:

– Harga meroket

– Bezel tempat pencil parkir rawan lecet. Ini sudah terjadi pada saya, duh

– Tidak ada headphone jack

– Harga aksesoris kelewat mahal

– iPad ini dibuat sangat tipis, jika tidak hati-hati dan tertekan di tas, rawan melengkung. Mengerikan. Be careful guys…

Pengalaman menarik waktu pakai ini adalah begitu cepatnya flow kerja kita. Misal menunggu makan di warung, tinggal nyalakan layar, gambar, matikan layar, sudah bisa jadi 1 artwork. Beda dengan kalau di laptop yg harus nyalakan, booting, buka aplikasi dst yg tentu saja waktu yg diperlukan berbeda secara signifikan.

Namun menurut saya, kerja di iPad ini hanya cocok digunakan oleh dua tipe manusia. Illustrator dan pebisnis yg hanya butuh kerja ngetik. Harga yg kelewat batas wajar, dan managemen file yg terlalu simple, menjadikan iPad ini benar-benar hanya ditujukan bagi beberapa tipe orang krn fungsinya yg bagus namun limited sekali. Sayang juga kalau beli tablet seharga >10jt kalau cuma makainya buat multimedia saja.

IMO iPad 6th gen atau iPad Air sudah cukup utk pengguna pada umumnya. Namun kalau anda perlu performa lebih, tentu jatuh yg ke Pro. Kalau yg 2018 masih terlalu mahal, saya pikir yg 2017 performanya juga sudah sangat mencukupi.

Demikian, Semoga ada manfaatnya bagi yg sedang membutuhkan hal serupa.

Diketik seutuhnya dng iPad
+ keyboard Logitech K380.

Syukur Abu Azhar, di Yogyakarta